Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Halaman Halaman 8, 9, 10, 11, 12
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Halaman Halaman 8, 9, 10, 11, 12 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, IPA dan SBDP. Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 6 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 SD/MI adalah alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 7.
Dalam Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-12 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Siti dan keluarga sebagai warga masyarakat yang baik selalu membuang sampah pada tempatnya. Siti dan keluarga sangat peduli dengan lingkungan rumahnya. Di depan rumah Siti dipasang tempat sampah, untuk sampah basah maupun sampah kering. Orang yang lewat di depan rumah Siti pun boleh membuang sampah di tempat sampah itu.
Banyak perilaku yang dapat kita perbuat untuk peduli lingkungan. Lingkungan yang bersih, asri, dan sehat merupakan jembatan bagi masyarakatnya untuk menuju hidup sejahtera. Bacalah bacaan berikut!
Ayo Membaca
Apa yang dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi?
sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.
Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik, botol kaca, besi, serta barang tak terpakai lainnya. Warga Rawajati memiliki bank sampah, sebagai tempat menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di sentra diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun senang karena memperoleh manfaat dan keuntungan berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak memiliki tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan.
Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, alas gelas, dompet, serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan kemasan bekas. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal positif yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan.
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan? Ungkapkan pendapatmu secara lisan di depan teman-teman dan gurumu!
Alternatif Jawaban :
Judul bacaan diatas adalah “ Kampung Rajawali ”
Kata kunci pada judul bacaan di atas adalah Kampung Rajawali
Isi bacaan berdasarkan kata kunci yaitu kondisi lingkungan kampung rajawali
2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Sampah di sekitarku dikelolah dengan baik, sampah organik diolah menjadi pupuk, sampah anorganik diolah menjadi benda kerajinan seperti tas dari bekas kemasan kopi.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu berikut!
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Ayo Berlatih
Apa isi lagu tersebut? Apakah kamu menyanyikan lagu di atas sesuai dengan interval lagunya? Apakah kamu mengetahui apa yg dimaksud dengan interval lagu? Coba tuliskan yang dimaksud interval pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Interval adalah sebuah jangka (langkah) dari nada kenada lain
Peduli lingkungan bersama keluarga, misalnya bekerja bersama-sama membersihkan rumah sambil bernyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Peduli lingkungan merupakan kewajiban kita. Dari anak-anak, para remaja, dan orang tua hendaknya peduli dengan lingkungan.
Ayo Mengamati
Perhatikan kedua gambar berikut dan jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut?
Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Gambar A termasuk gambar anak-anak. Pada gambar A, belum nampak adanya
ciri-ciri masa puber. Anak perempuan pada gambar belum menunjukkan payudara membesar. Anak laki-laki pada gambar tidak terlihat adanya jakun dan bentuk bahu belum bidang.
Gambar B termasuk gambar remaja. Pada gambar B, ciri-ciri masa puber sudah nampak. Remaja perempuan pada gambar sudah menunjukkan payudara nampak membesar. Remaja laki-laki pada gambar telah muncul jakun dan bentuk bahu bidang.
2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Tahu, Masa puber adalah tahap perkembangan manusia di mana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi.Anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber.
Berikut ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber.
Ciri-ciri anak perempuan pada masa puber.
1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
2. Suara jadi melengking
3. Payudara membesar
4. Pinggul membesar
Ciri-ciri anak laki-laki pada masa puber.
1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
2. Suara jadi membesar
3. Tumbuh jakun
4. Tumbuh kumis, jambang, dan janggut
Ayo Renungkan
Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan yang kamu temui kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Yang sudah saya pelajari pada bembelajaran kali ini adalah Menentukan judul, kata kunci dan isi bacaan pada bacaan “Kampung Rajawali”, menyanyikan lagu sesuai dengan interval lagu, masa puber dan ciri-ciri masa puber pada anak laki-laki dan perempuan.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan bersama orang tuamu tentang masa puber. Kemudian, bersama orang tuamu amatilah anak-anak di sekitar lingkunganmu yang sedang mengalami masa puber. Tuliskan nama anak yang sedang mengalami masa puber dan ciri-ciri anak tersebut. Tuliskan pada kolom berikut.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Halaman Halaman 8, 9, 10, 11, 12 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 2 dari kami. Semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat bermanfaat . Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 SD/MI adalah alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 7.
Dalam Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-12 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Related
Siti dan keluarga sebagai warga masyarakat yang baik selalu membuang sampah pada tempatnya. Siti dan keluarga sangat peduli dengan lingkungan rumahnya. Di depan rumah Siti dipasang tempat sampah, untuk sampah basah maupun sampah kering. Orang yang lewat di depan rumah Siti pun boleh membuang sampah di tempat sampah itu.
Banyak perilaku yang dapat kita perbuat untuk peduli lingkungan. Lingkungan yang bersih, asri, dan sehat merupakan jembatan bagi masyarakatnya untuk menuju hidup sejahtera. Bacalah bacaan berikut!
Kampung Rawajati
Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.Apa yang dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi?
sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.
Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik, botol kaca, besi, serta barang tak terpakai lainnya. Warga Rawajati memiliki bank sampah, sebagai tempat menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di sentra diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun senang karena memperoleh manfaat dan keuntungan berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak memiliki tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan.
Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, alas gelas, dompet, serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan kemasan bekas. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal positif yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan.
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 8, 9
Ayo BerlatihJawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan? Ungkapkan pendapatmu secara lisan di depan teman-teman dan gurumu!
Alternatif Jawaban :
Judul bacaan diatas adalah “ Kampung Rajawali ”
Kata kunci pada judul bacaan di atas adalah Kampung Rajawali
Isi bacaan berdasarkan kata kunci yaitu kondisi lingkungan kampung rajawali
2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Sampah di sekitarku dikelolah dengan baik, sampah organik diolah menjadi pupuk, sampah anorganik diolah menjadi benda kerajinan seperti tas dari bekas kemasan kopi.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu berikut!
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 10, 11, 12
Ayo BerlatihApa isi lagu tersebut? Apakah kamu menyanyikan lagu di atas sesuai dengan interval lagunya? Apakah kamu mengetahui apa yg dimaksud dengan interval lagu? Coba tuliskan yang dimaksud interval pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Interval adalah sebuah jangka (langkah) dari nada kenada lain
Peduli lingkungan bersama keluarga, misalnya bekerja bersama-sama membersihkan rumah sambil bernyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Peduli lingkungan merupakan kewajiban kita. Dari anak-anak, para remaja, dan orang tua hendaknya peduli dengan lingkungan.
Ayo Mengamati
Perhatikan kedua gambar berikut dan jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut?
Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
Gambar A termasuk gambar anak-anak. Pada gambar A, belum nampak adanya
ciri-ciri masa puber. Anak perempuan pada gambar belum menunjukkan payudara membesar. Anak laki-laki pada gambar tidak terlihat adanya jakun dan bentuk bahu belum bidang.
Gambar B termasuk gambar remaja. Pada gambar B, ciri-ciri masa puber sudah nampak. Remaja perempuan pada gambar sudah menunjukkan payudara nampak membesar. Remaja laki-laki pada gambar telah muncul jakun dan bentuk bahu bidang.
2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut!
Tahu, Masa puber adalah tahap perkembangan manusia di mana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi.Anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber.
Berikut ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber.
Ciri-ciri anak perempuan pada masa puber.
1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
2. Suara jadi melengking
3. Payudara membesar
4. Pinggul membesar
Ciri-ciri anak laki-laki pada masa puber.
1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
2. Suara jadi membesar
3. Tumbuh jakun
4. Tumbuh kumis, jambang, dan janggut
Ayo Renungkan
Apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran kali ini? Apakah kamu merasa kesulitan? Tuliskan yang sudah kamu pelajari. Tuliskan juga kesulitan yang kamu temui kamu merasa kesulitan pada pembelajaran kali ini. Tuliskan pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Yang sudah saya pelajari pada bembelajaran kali ini adalah Menentukan judul, kata kunci dan isi bacaan pada bacaan “Kampung Rajawali”, menyanyikan lagu sesuai dengan interval lagu, masa puber dan ciri-ciri masa puber pada anak laki-laki dan perempuan.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan bersama orang tuamu tentang masa puber. Kemudian, bersama orang tuamu amatilah anak-anak di sekitar lingkunganmu yang sedang mengalami masa puber. Tuliskan nama anak yang sedang mengalami masa puber dan ciri-ciri anak tersebut. Tuliskan pada kolom berikut.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Halaman Halaman 8, 9, 10, 11, 12 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 2 dari kami. Semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat bermanfaat . Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Halaman Halaman 8, 9, 10, 11, 12"
Post a Comment