Jawaban Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46


Jawaban Buku Paket Siswa Tematik, untuk Kelas 4 SD Semester 2. Hai adik-adik dimanapun kalian berada pada kesempatan kali ini kakak akan memberikan pembahasan mengenai Buku Paket Siswa Tematik Semester 2 Kelas 4 SD khususnya pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 temanya adalah tentang Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari mata pelajaran PKN dan B. Indonesia.

Pada Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema1 halaman 37-47 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar  untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif  jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 


Pembelajaran 6

Related

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 37

Pernahkah kamu mendengarkan atau menyanyikan lagu “Manuk Dadali” lagu tersebut merupakan gambaran burung garuda yang menjadi lambang negara kita.
Kamu telah mengetahui Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Banyak orang mengatakan gambar burung garuda terinspirasi dari burung elang.

Perhatikan gambar burung elang berikut.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 37 K13


Ayo Membaca


Konservasi Elang di Halimun Salak
Burung elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan acuan lukisan Burung Garuda. Namun, kini jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung  elang jawa adalah kerusakan habitat tempat  hidupnya. Kerusakan tersebut disebabkan karena adanya bencana alam maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula perilaku manusia yang menyebabkan populasi burung ini semakin menyusut tajam yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi.

Oleh karena itu, Indonesia berupaya melakukan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak mudah  dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan dukungan pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya Indonesia masih memakai metode lama yaitu dengan memasang semacam bendera kuning di sayap. Sebagai bandingan di Thailand pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal  pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mata.
Sumber: http://green.kompasiana.com/penghijauan/2012/10/31/konservasi-elang-di-halimun-salak-504938.html

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9  Halaman 38

Kamu telah membaca bacaan “Konservasi Elang di Halimun Salak”. Adakah kata-kata sukar yang belum kamu ketahui artinya? Jika ada, tuliskan dalam tabel berikut. Kemudian, carilah arti  kata-kata tersebut. Dengan  bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau bertanyalah kepada orang-orang yang kamu anggap mengetahui.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 38

Alternatif Jawaban :
Kata Sukar dan artinya: 
Punah : Habis semua hingga tidak ada sisanya
Populasi : Jumlah penghuni, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang atau daerah tertentu
Habitat : Tempat hidup organisme tertentu tempat hidup yang alami (bagi tumbuhan dan hewan) lingkungan kehidupan asli
Koleksi : Kumpulan benda atau barang yang sering dikaitkan dengan minat atau hobi
Metode : Cara teratur yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan agar tercapai dengan yang diinginkan
Satelit : Benda yang mengorbit benda lain dengan poriode revolusi dan rotasi tertentu, ada dua jenis satelit yaitu satelit alam dan buatan

Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9  Halaman 39

Dari bacaan “Konservasi Elang di Halimun Salak”, kamu mengetahui beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa. Apa sajakah itu? Lengkapilah peta pikiran berikut.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 39


Alternatif  Jawaban :
Jawaban Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 39


Ayo Berdiskusi

Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang  jawa?
Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok).
Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 39 K13


Alternatif Jawaban :
Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa
1. Menyadarkan masyarakat untuk tidak berburu elang Jawa
2. Menjaga habitat tempat hidupnya elang Jawa
3. Tidak memburu elang Jawa untuk kesenangan pribadi
4. Mencegah perjualbelian elang Jawa dan melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila menemukannya.
5. Tidak memelihara elang Jawa sebagai koleksi pribadi
6. Merawat dan menjaga lingkungan di sekitar kita agar tetap hijau
7. Menjaga ekosistem
8. Meneliti dan mempelajari lebih banyak mengenai elang Jawa
9. Membantu pemerintah dalam usaha melestarikan elang Jawa dengan turut serta mengawasi keberadaan elang Jawa di sekitar kita
10. Melaporkan kepada pemerintah apabila ada perluasan lahan yang mengganggu habitat elang Jawa


Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9  Halaman 40

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Salah satunya melalui konservasi lingkungan alam. Amatilah bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalmu!

Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu,  Bapak/ Ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 40

Jawaban relatif sesuai hasil jawaban dari nara sumber

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa konservasi merupakan pemeliharaan dan perlindungan makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan dan lingkungannya seperti air dan tanah, secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan pelestarian. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita semua melakukannya. Hal tersebut bisa dimulai dari lingkungan terkecil
kita seperti di rumah dan sekolah, dengan berlatih melakukan konservasi terhadap tanaman.

Telah kita ketahui bersama bahwa bangsa Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna, baik dari jumlah maupun beragam jenisnya. Flora berarti tumbuhan dan fauna berarti hewan.

Bangsa Indonesia sendiri memiliki jenis flora dan fauna yang memerlukan konservasi untuk menjaga kelestariannya. Ada sebagian dari flora dan fauna tersebut telah menjadi simbol  nasional bangsa Indonesia seperti komodo, cenderawasih, burung elang Jawa, bunga anggrek, bunga raflesia, bunga cempaka, bunga melati, dan lain-lain.

Ayo Bernyanyi

Salah satu lagu daerah yang menggambarkan jenis keragaman tanaman di Indonesia adalah lagu “Bungong Jeumpa” dari Aceh.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 41

Nyanyikanlah lagu “Bungong Jeumpa”. Berlatihlah hingga kamu hafal syairnya dan tepat nadanya. Selanjutnya, nyanyikan bersama teman-temanmu.

Ayo Membaca

Saat asyik bernyanyi, Ayah Beni diam-diam memperhatikan dan mendengarkannya. Ketika selesai bernyanyi, Ayah bertepuk tangan.
Ayah  :  “Wah, anak ayah pandai menyanyi. Suaranya pun merdu.”
Beni  :  “Ah, Ayah. Beni jadi malu, nih.”
Ayah  :  “Lho, kenapa malu?”
Beni  :  “Sebenarnya Beni tidak mengetahui arti lagu itu, Ayah.”
Ayah  :  “Oh, kamu ingin mengetahui artinya?”
Beni  :  “Iya dong, Yah.”
Ayah  :  “Baiklah, Ayah akan beri tahu arti lagu “Bungong Jeumpa”. Bunga cempaka, bunga cempaka terkenal di Aceh Bunga terlebih, terlebih indah sekali Putih kuning bercampur merah
Mekar sekuntum indah rupawan Dalam sinar bulan,  dalam sinar bulan angin ayunkan Gugur bersusun, bersusun, yang sudah layu Harum baunya kalau dicium Alangkah harum si bunga cempaka
Beni  :  “Wah, ternyata bungong jeumpa itu maksudnya bunga cempaka.”
Ayah  :  “Iya, betul. Bunga cempaka adalah bunga yang sangat harum.”
Beni  :  “Wah, selama ini Beni hanya mengetahui bunga mawar dan melati saja yang harum.”
Ayah  :  “Bunga cempaka warnanya putih dan baunya harum. Banyak orang menyukai keharuman bunga cempaka. Dan keharuman bunga cempaka ini dimanfaatkan untuk membuat minyak wangi.”
Beni  :  “Wah, hebat ya, Yah.”
Ayah  :  “Itulah kelebihan manusia, Beni. Kita dapat memanfaatkan alam sesuai kondisi geografis tempat kita tinggal. Kamu tahu tidak, bahwa setiap negara memilih bunga tertentu sebagai simbol negara?”
Beni  :  “Wah, Beni belum mengetahuinya, Yah. Lalu, bagaimana memilihnya?”
Ayah  :  “Berdasarkan kondisi geografis setiap negara, pasti ada jenis tanaman bunga yang banyak tumbuh baik di negara itu, tetapi tidak banyak tumbuh di negara lain. Nah, dari jenis tanaman itulah dipilih bunga sebagai ciri khas negara tersebut.”
Beni  :  “O, begitu ya, Yah.”
Ayah  :  “Itulah salah satu contoh aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan keadaan alam di lingkungannya.
Salah satu aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya adalah menentukan bunga nasional. Bunga nasional setiap negara berbeda-beda.

Berikut contoh bunga nasional beberapa bangsa.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 43


Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9  Halaman 44, 45, 46 

Ayo Berdiskusi

Konservasi terhadap flora dan fauna merupakan salah satu contoh perwujudan pelaksanaan hak dan kewajiban manusia terhadap lingkungan alam.
Bersama kelompokmu, diskusikan bentuk-bentuk pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara terhadap lingkungan alam.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 44
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 45
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 46

Alternatif Jawaban : 
Jawaban Halaman 44
Kewajiban manusia terhadap hutan 
1. Reboisasi atau menanam pohon di hutan atau tanah yang gersangatau gundul
2. Menjaga dan melestarikan hutan dari kerusakan
3. Menjaga hutan dari penebangan liar /ilegal
4. Tidak membakar hutan demi tujuan apapun termasuk alih fungsi lahan
5. Tidak berburu hewan secara liardi hutan ( apalagi hewan yang terancam punah dan dilindungi )

Jawaban Halaman 45
Kewajiban manusia terhadap sungai
1. Tidak membuang sampah ke sungai
2. Membersihkan sampah yang ada disungai
3. Melakukan penghijauan di sekitar sungai
4. Mengikuti sosialisasi / penyuluhan tentang kebersihan sungai
5. Tidak mendirikan rumah dipinggir sungai

Kewajiban manusia terhadap hewan yang terancam punah
1. Tidak melakukan perburuan
2. Tidak memeliharanya sebagai koleksi pribadi
3. Tidak merusak habitat asli dari hewanyang terancam punah
4. Mengikuti sosialisasi mengenaihewan yang terancam punah
5. Melaporkan kepihak yang berwenang apabila di menemukan orang-orang yang memperjualbelikannya atau orang-orang yang merusak habitatnya

Jawaban Halaman 46
Kewajiban manusia terhadap pohon
1. Menanam pohon di sekitar pekarangan
2. Merawat pohon dengan baik
3. Melestarikan pohon dari kerusakan
4. Menyiram pohon dan memberikan pupuk agar tumbuh dengan baik
5. Tidak menebang pohon sembarangan

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Alternatif  Jawaban :
1. Belajar menemukan kata sulit dan mencari artinya, belajar bertanya kepada narasumber dengan baik, menyanyikan lagu Bungong Jeumpa dan mengenal nama bunga nasional, dan belajar mengenai kewajiban manusia terhadap hutan, sungai, hewan terancam punah, dan kewajiban manusia terhadap pohon
2. Melatih keterampilan dalam berkomunikasi saat bertanya kepada narasumber dan menambah pengetahuan mengenai kewajiban manusia terhadap hutan, sungai, hewan terancam punah, dan pohon
3. Keterampilan bertanya kepada narasumber
4. Lebih peduli dan menyayangi lingkungan serta menyampaikan kepada saudara dan teman-teman mengenai pentingnya menjaga lingkungan

Kerja Sama dengan Orang Tua
Ajaklah orang tuamu untuk menanam pohon di pekarangan rumahmu. Namun, jika tidak memungkinkan, kamu dapat menanam tanaman di dalam pot. Rawatlah tanaman tersebut dengan baik. Berilah pupuk dan siramilah dengan rutin.

Nah demikianlah Jawaan Buku Paket Siswa Tema 9 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 lengkap dengan alternatif jawaban dari kakak semoga bermanfaat bagi adik-adik semua, jangan lupa semangat belajar dan selalu berusaha, sekian dan terima kasih.

Related Posts

0 Response to "Jawaban Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel