Jawaban Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 87, 88, 89
Jawaban Buku Paket Siswa Tematik, untuk Kelas 4 SD Semester 2. Hai adik-adik dimanapun kalian berada pada kesempatan kali ini kakak akan memberikan pembahasan mengenai Buku Paket Siswa Tematik Semester 2 Kelas 4 SD khususnya pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 2 temanya adalah tentang Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia dalam pembelajaran 5 ini terdiri dari mata pelajaran IPS dan SBDP.
Pada Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 2 halaman 84-90 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 87, 88, 89
Pembelajaran 5
Salah satu lingkungan yang masih terjaga keasriannya adalah perdesaan. Keasrian yang masih terjaga di perdesaan tidak terlepas dari perilaku yang bertanggung jawab masyarakatnya dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Ayo Bernyanyi
Ayo, nyanyikan lagu berikut!
Lagu di menggambarkan adanya sebuah desa yang permai. Desa yang permai selalu dirindukan oleh semua orang. Melalui lagu di depan dapat dibayangkan bahwa kehidupan dengan lingkungan sejuk layaknya sebuah desa permai merupakan kehidupan yang disenangi banyak orang.
Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 anak. Nyanyikan lagu yang berjudul “Desaku yang Kucinta”.
Bagilah tugas tiap-tiap anggota kelompok. Adapun pembagian tugasnya sebagi berikut
1. Sebagai penyanyi.
2. Sebagai pemain musik pengiring.
Gunakan musik pengiring dari berbagai macam benda yang ada di sekitarmu, misalnya kaleng, botol, galon air, atau perabotan rumah tangga yang sudah tidak terpakai.
Lakukan kegiatan ini laksana perlombaan menyanyi. Lakukan secara bergantian antarkelompok. Pada akhir penampilan, jangan lupa meminta tanggapan dari guru dan kelompok lain.
Ayo Membaca
Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang.
Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya
dengan baik.
Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.
Bersama kelompokmu coba identifikasilah berbagai sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah tempat tinggalmu (bisa kota, kabupaten, maupun propinsi tempat tinggalmu).
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Hasil pertanian
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
1. Yang saya pelajari pada hari ini adalah
Menyanyikan lagu “ Desaku yang Kucinta”
Membaca bacaan tentang “Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Mempelajari pemanfaatan sumber daya alam hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil peternakan, hasil laut dan perikanan, hasil hutan dan hasil pertambangan
2. Manfaat yang dapat saya ambil melalui pembelajaran hari ini adalah saya mengetahui sumber daya alam hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil peternakan, hasil laut dan perikanan, hasil hutan dan hasil pertambangan
3. Keterampilan yang dapat saya kuasai melalui pembelajaran hari ini mengelola sumber daya alam disekitar dengan baik
4. Lebih giat dan semangat dalam belajar
Kerja Sama dengan Orang Tua
Mintalah orang tuamu bercerita tentang pemanfaatan sumber daya alam di daerah tempat tinggalmu. Selanjutnya tuliskan kembali cerita tersebut menjadi sebuah cerita yang menarik.
Nah demikianlah Jawaan Buku Paket Siswa Tema 9 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 87, 88, 89 lengkap dengan alternatif jawaban dari kakak semoga bermanfaat bagi adik-adik semua, jangan lupa semangat belajar dan selalu berusaha, sekian dan terima kasih.
Pada Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 2 halaman 84-90 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 87, 88, 89
Pembelajaran 5
Related
Salah satu lingkungan yang masih terjaga keasriannya adalah perdesaan. Keasrian yang masih terjaga di perdesaan tidak terlepas dari perilaku yang bertanggung jawab masyarakatnya dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Ayo Bernyanyi
Ayo, nyanyikan lagu berikut!
Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 anak. Nyanyikan lagu yang berjudul “Desaku yang Kucinta”.
Bagilah tugas tiap-tiap anggota kelompok. Adapun pembagian tugasnya sebagi berikut
1. Sebagai penyanyi.
2. Sebagai pemain musik pengiring.
Gunakan musik pengiring dari berbagai macam benda yang ada di sekitarmu, misalnya kaleng, botol, galon air, atau perabotan rumah tangga yang sudah tidak terpakai.
Lakukan kegiatan ini laksana perlombaan menyanyi. Lakukan secara bergantian antarkelompok. Pada akhir penampilan, jangan lupa meminta tanggapan dari guru dan kelompok lain.
Ayo Membaca
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang.
Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya
dengan baik.
Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 87, 88
Ayo BerdiskusiBersama kelompokmu coba identifikasilah berbagai sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah tempat tinggalmu (bisa kota, kabupaten, maupun propinsi tempat tinggalmu).
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
Hasil pertanian
- Padi, manfaatnya sebagai makanan pokok
- Ubi, manfaatnya sebagai makanan pokok dan cemilan
- Jagung, manfaatnya sebagai makana pokok dan cemilan
- Kangkung, manfaatnya sebagai sayur
- Bayam, manfaatnya sebagai sayur
- Tebu, manfaatnya untuk bahan baku gula pasir
- Ayam, manfaatnya sebagai sumber protein hewani
- Bebek, manfaatnya sebagai sumber protein hewani
- Kambing, manfaatnya sebagai sumber protein hewani
- Ikan , manfaatnya untuk sumber protein hewani
- Rumput laut, manfaatnya untuk obat, bahan makanan, dan kosmetik
- Terumbu karang, manfaatnya untuk wahana tempat rekreasi bawah laut
- Mutiara , manfaatnya untuk perhiasan
- Kayu jati, manfaatnya untuk bahan bangunan, furniture, mebel dll
- Madu, manfaatnya untuk bahan makanan, obat, bahan kecantikan dan sebagainya
- Tanaman pakis, manfaatnya untuk sayur
- Jamur, manfaatnya untuk obat-obatan dan lauk-pauk
- Minyak bumi, manfaatnya untuk bahan bakar kendaraan dan kompor
- Gas alam, manfaatnya untuk bahan bakar kompor gas
- Belerang, manfaatnya untuk campuran obat
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 89
Ayo Renungkan1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
1. Yang saya pelajari pada hari ini adalah
Menyanyikan lagu “ Desaku yang Kucinta”
Membaca bacaan tentang “Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Mempelajari pemanfaatan sumber daya alam hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil peternakan, hasil laut dan perikanan, hasil hutan dan hasil pertambangan
2. Manfaat yang dapat saya ambil melalui pembelajaran hari ini adalah saya mengetahui sumber daya alam hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil peternakan, hasil laut dan perikanan, hasil hutan dan hasil pertambangan
3. Keterampilan yang dapat saya kuasai melalui pembelajaran hari ini mengelola sumber daya alam disekitar dengan baik
4. Lebih giat dan semangat dalam belajar
Kerja Sama dengan Orang Tua
Mintalah orang tuamu bercerita tentang pemanfaatan sumber daya alam di daerah tempat tinggalmu. Selanjutnya tuliskan kembali cerita tersebut menjadi sebuah cerita yang menarik.
Nah demikianlah Jawaan Buku Paket Siswa Tema 9 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 87, 88, 89 lengkap dengan alternatif jawaban dari kakak semoga bermanfaat bagi adik-adik semua, jangan lupa semangat belajar dan selalu berusaha, sekian dan terima kasih.
0 Response to "Jawaban Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 87, 88, 89"
Post a Comment