Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 46, 48, 49, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57
Jawaban Buku Paket Siswa Tematik, untuk Kelas 4 SD Semester 1. Hai adik-adik dimanapun kalian berada pada kesempatan kali ini kakak akan memberikan pembahasan mengenai Buku Paket Siswa Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru Semester 1 Kelas 4 SD khususnya pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 temanya adalah tentang Keberagaman Budaya Bangsaku dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari mata pelajaran B.Indonesia, PJOK dan SBDP.
Pada Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 halaman 46-57 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 46, 48, 49, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57
Pembelajaran 4
Indonesia juga kaya akan keberagaman kain tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis-jenis kain tersebut merupakan kekayaan budaya bangsa. Ayo kita cari tahu lebih lanjut.
Ayo mengamati
Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini.
Alternatif Jawaban :
Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya.
1. Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)
2. Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama?
3. Bagaimana dengan ukuran sudu tnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya.
Alternatif Jawaban :
Bangun A
Apakah nama bangun : Segitiga sama sisi
Ada berapa banyak sisi : 3 sisi
Apakah panjang semua sisi sama : Sama
Ada berapa sudut : 3 sudut
Apakah besar semua sudut sama: sama
Bangun B
Apakah nama bangun :Segitiga sembarang
Ada berapa banyak sisi :3 sisi
Apakah panjang semua sisi sama : Tidak sama
Ada berapa sudut : 3 sudut
Apakah besar semua sudut sama: Tidak sama
Segi banyak beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar.
Segi banyak tidak beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama.
Alternatif Jawaban :
Segi Banyak Beraturan
Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.
Alternatif Jawaban :
Segi banyak beraturan :
1. Rambu lalu lintas yang berbentuk segitiga sama sisi
2. Keramik lantai yang berbentuk persegi
3. Paving blok yang berbentuk heksagon/segi enam
Segi banyak tidak beraturan :
1. Jam dinding bentuk lingkaran
2. Keramik lantai yang berbentuk persegi panjang
3. Meja yang berbentuk persegi panjang
1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Segibanyak beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar
2. Buatlah desain batik dari bangun segi banyak. Berikut adalah contohnya.
Alternatif Jawaban :
Contoh gambar batik bangun segi banyak
Ayo Membaca
Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1
Gagasan Pokok : Tarian Kipas Pakarena berasal dari Gowa Sulawesi Selatan
Gagasan Pendukung : Tarian Kipas menjadi tradisi masyarakat Gowa
Paragraf 2
Gagasan Pokok : Kisahnya berawal dari perpisahan penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi)
Gagasan Pendukung : Boting Langi (negeri khayagan ) mengajarkan cara menjalani hidup
Paragraf 3
Gagasan Pokok : Cerita itu diabadikan dalam tarian
Gagasan Pendukung : Gerakan tari naik turun mencerminkan karakter wanita Gowa dalam mengungkapkan rasa syukur
Ayo Mengamati
Diskusikan hasilmu dengan hasil temanmu.
Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.
Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
• Bandingkan hasilnya.
Alternatif Jawaban :
Kesimpulan dari pengamatan diatas:
Sapu lidi adalah kumpulan lidi yang diikat menjadi satu dengan tujuan supaya menjadi kuat ketika kita dipergunakan. Jika hanya satu lidi saja tidak akan kuat dan mudah patah ketika dipergunakan.
Jadi persatuan dan kesatuan memberikan manfaat membuat sebuah keluarga, masyarakat dan bangsa menjadi kuat karena bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.
Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu. Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang diikat cukup erat menjadi satu.
Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.
Alternatif Jawaban:
Sikap menunjukan persatuan dan kesatuan
1. Kerja bakti dan gotong royong untuk kepentingan bersama
2. Mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan juga dalam dalam menyelesaikan konflik dan sebagainya
3. Menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan lainnya dengan tidak mencampuri urusan peribadatan, tidak memaksakan agamanya pada orang lain
4. Tidak membeda-bedakan perlakuan dengan berdsarkan pada suku, asal daerah , agama, kebudayaan dan lain sebagainya
Sikap tidak menunjukan persatuan dan kesatuan
1. Tidak mau bekerja sama, tidak mau bekerja bakti dan gotong royong
2. Enggan bermusyawarah, meyukai pertikaian, perpecahan dan provokatif
3. Membenci agama yang dianut oleh orang lain, mengganggu peribadatan umat lain
4. Pilih-pilih teman, hanya mau bergaul dengan teman seagama, sesuku, seras dan lai sebagainya
kesatuan?
Alternatif Jawaban :
Jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan yang akan terjadi adalah akan terciptanya kerukunan, kedamaian serta kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat
Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Alternatif Jawaban :
Jika kita tidak meiliki sikap persatuan dan kesatuan yang akan terjadi adalah:
1. Mudah terjadi pertengkaran
2. Kurangnya kebersamaan dan saling tenggang rasa
3. Timbulnya sikap membeda-bedakan atau memilih-milih teman
4. Timbulnya sikap mementingkan diri sendiri atau golongan saja
5. Terjadi perpecahan bangsa secara perlahan
Ayo Renungkan
• Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
Nilai persatuan dan kesatuan
• Apa yang perlu kita lakukan untuk mempererat pesatuan dan kesatuan?
Alternatif Jawaban :
Yang perlu kita lakuakan untuk mempererat persatuan dan kesatuan adalah
1. Memiliki sikap saling menghormati dan menghargai
2. Memiliki rasa toleransi yang tinggi
3. Memiliki sikap cinta tanah air dan tidak mudah terprovokasi
Kerja sama dengan orang tua
Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya persatuan dan kesatuan.
Refleksikan bagaimana persatuan dan kesatuan di lingkunganmu.
Nah demikianlah Jawaan Buku Paket Siswa Tema 1 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 46, 48, 49, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57 lengkap dengan alternatif jawaban dari kakak semoga bermanfaat bagi adik-adik semua, jangan lupa semangat belajar dan selalu berusaha, sekian dan terima kasih.
Pada Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 halaman 46-57 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 46, 48, 49, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57
Pembelajaran 4
Indonesia juga kaya akan keberagaman kain tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis-jenis kain tersebut merupakan kekayaan budaya bangsa. Ayo kita cari tahu lebih lanjut.
Ayo mengamati
Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 46
Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas.Alternatif Jawaban :
Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya.
1. Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)
2. Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama?
3. Bagaimana dengan ukuran sudu tnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 48
4. Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut.Alternatif Jawaban :
Bangun A
Apakah nama bangun : Segitiga sama sisi
Ada berapa banyak sisi : 3 sisi
Apakah panjang semua sisi sama : Sama
Ada berapa sudut : 3 sudut
Apakah besar semua sudut sama: sama
Bangun B
Apakah nama bangun :Segitiga sembarang
Ada berapa banyak sisi :3 sisi
Apakah panjang semua sisi sama : Tidak sama
Ada berapa sudut : 3 sudut
Apakah besar semua sudut sama: Tidak sama
Segi banyak beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar.
Segi banyak tidak beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 49
Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas. Kelompokkan ke dalam tabel berikut.Alternatif Jawaban :
Segi Banyak Beraturan
Segi Banyak Tidak Beraturan
Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.
Alternatif Jawaban :
Segi banyak beraturan :
1. Rambu lalu lintas yang berbentuk segitiga sama sisi
2. Keramik lantai yang berbentuk persegi
3. Paving blok yang berbentuk heksagon/segi enam
Segi banyak tidak beraturan :
1. Jam dinding bentuk lingkaran
2. Keramik lantai yang berbentuk persegi panjang
3. Meja yang berbentuk persegi panjang
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 50
Kerjakan latihan berikut.1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Segibanyak beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar
2. Buatlah desain batik dari bangun segi banyak. Berikut adalah contohnya.
Alternatif Jawaban :
Contoh gambar batik bangun segi banyak
Ayo Membaca
Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!
Tari Kipas Pakeran
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 52, 53, 54
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1
Gagasan Pokok : Tarian Kipas Pakarena berasal dari Gowa Sulawesi Selatan
Gagasan Pendukung : Tarian Kipas menjadi tradisi masyarakat Gowa
Paragraf 2
Gagasan Pokok : Kisahnya berawal dari perpisahan penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi)
Gagasan Pendukung : Boting Langi (negeri khayagan ) mengajarkan cara menjalani hidup
Paragraf 3
Gagasan Pokok : Cerita itu diabadikan dalam tarian
Gagasan Pendukung : Gerakan tari naik turun mencerminkan karakter wanita Gowa dalam mengungkapkan rasa syukur
Ayo Mengamati
Diskusikan hasilmu dengan hasil temanmu.
Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.
Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
• Bandingkan hasilnya.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 55
Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!Alternatif Jawaban :
Kesimpulan dari pengamatan diatas:
Sapu lidi adalah kumpulan lidi yang diikat menjadi satu dengan tujuan supaya menjadi kuat ketika kita dipergunakan. Jika hanya satu lidi saja tidak akan kuat dan mudah patah ketika dipergunakan.
Jadi persatuan dan kesatuan memberikan manfaat membuat sebuah keluarga, masyarakat dan bangsa menjadi kuat karena bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.
Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu. Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang diikat cukup erat menjadi satu.
Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 56
Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.Alternatif Jawaban:
Sikap menunjukan persatuan dan kesatuan
1. Kerja bakti dan gotong royong untuk kepentingan bersama
2. Mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan juga dalam dalam menyelesaikan konflik dan sebagainya
3. Menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan lainnya dengan tidak mencampuri urusan peribadatan, tidak memaksakan agamanya pada orang lain
4. Tidak membeda-bedakan perlakuan dengan berdsarkan pada suku, asal daerah , agama, kebudayaan dan lain sebagainya
Sikap tidak menunjukan persatuan dan kesatuan
1. Tidak mau bekerja sama, tidak mau bekerja bakti dan gotong royong
2. Enggan bermusyawarah, meyukai pertikaian, perpecahan dan provokatif
3. Membenci agama yang dianut oleh orang lain, mengganggu peribadatan umat lain
4. Pilih-pilih teman, hanya mau bergaul dengan teman seagama, sesuku, seras dan lai sebagainya
Jawaban Buku Paket Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 57
Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dankesatuan?
Alternatif Jawaban :
Jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan yang akan terjadi adalah akan terciptanya kerukunan, kedamaian serta kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat
Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Alternatif Jawaban :
Jika kita tidak meiliki sikap persatuan dan kesatuan yang akan terjadi adalah:
1. Mudah terjadi pertengkaran
2. Kurangnya kebersamaan dan saling tenggang rasa
3. Timbulnya sikap membeda-bedakan atau memilih-milih teman
4. Timbulnya sikap mementingkan diri sendiri atau golongan saja
5. Terjadi perpecahan bangsa secara perlahan
Ayo Renungkan
• Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
Nilai persatuan dan kesatuan
• Apa yang perlu kita lakukan untuk mempererat pesatuan dan kesatuan?
Alternatif Jawaban :
Yang perlu kita lakuakan untuk mempererat persatuan dan kesatuan adalah
1. Memiliki sikap saling menghormati dan menghargai
2. Memiliki rasa toleransi yang tinggi
3. Memiliki sikap cinta tanah air dan tidak mudah terprovokasi
Kerja sama dengan orang tua
Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya persatuan dan kesatuan.
Refleksikan bagaimana persatuan dan kesatuan di lingkunganmu.
Nah demikianlah Jawaan Buku Paket Siswa Tema 1 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 46, 48, 49, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57 lengkap dengan alternatif jawaban dari kakak semoga bermanfaat bagi adik-adik semua, jangan lupa semangat belajar dan selalu berusaha, sekian dan terima kasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Halaman 46, 48, 49, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57"
Post a Comment