20 Soal B.Indonesia Kelas 6 SD/MI lengkap dengan Pembahasan danunci jawabannya

20 Soal B.indonesia Kelas 6 lengkap dengan pembahasan dan kunci jawaban





Soal dan Pembahasan B.Indonesia Kelas 6 SD/MI

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!

Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna
Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye. 

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.

1.  Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
     A.  Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
     B.  Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
     C.  Dengan cara yang disebut mimikri.
     D.  Dengan memantulkan sinar matahari.

     LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
     Indikator: Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks.

     Pembahasan : 
     Cara bunglon mengubah warna kulit adalah dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
     ➠ Jawaban: B

2.  Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
     A.  Oranye
     B.  Merah
     C.  Kuning
     D.  Hitam

     LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
     Indikator: Peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokokpokok pikiran berdasarkan isi teks.

     Pembahasan :
     Bunglon berubah warna menjadi gelap ketika kecewa. Jadi, warna yang kira-kira akan dikeluarkan      
     bunglon ketika ia kalah dari perkelahian adalah hitam.
     ➠ Jawaban: D

3.  Berikut ini adalah tabel perubahan warna bunglon.
     Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah ....
     A.  (a) warna gelap; (b) warna terang
     B.  (a) warna terang; (b) warna gelap
     C.  (a) warna hitam; (b) warna kuning
     D.  (a) warna hijau; (b) warna cokelat

     LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
     Indikator: Peserta didik dapat menentukan sinonim.

      Pembahasan:
      Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah (a) warna gelap dan(b) warna terang.
      ➠ Jawaban: A

4.  Pada hari Minggu diadakan kerja bakti. Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok
     Kelompokpertama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman. 
     Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut adalah ....
     A.  Kumpulan
     B. Regu
     C.  Gugus
     D.  Tim

     LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
     Indikator: Peserta didik dapat membandingkan isi teks.

     Pembahasan :
     Persamaan kata “kelompok” dalam kalimat tersebut, yaitu tim.
     ➠ Jawaban: D

5.  Perhatikan dua teks berikut!
     Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tidak pernah berbuat buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu 

     Teks 2
Sofy adalah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya.Bahkan, guru-guru juga menyukainya. 
     Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....
     A.  menolong orang walaupun ia suka mengejek
     B.  disukai banyak orang karena suka menolong
     C.  berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
     D.  menolong siapa saja yang sedang membutuhkan

     LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
     Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.

     Pembahasan :
     Persamaan teks dilihat dari inti informasi cerita. Persamaan kedua teks tersebut adalahmenolong 
     siapa saja yang sedang membutuhkan.
     ➠ Jawaban: D

6.  Bacalah paragraf berikut!
          Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. 
      Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya agar tidak jajan sembarangan dan                                                     membuat kantin sehat di sekolah. 
     Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf  tersebut yang tepat adalah ....
    A.  Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melakukan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
    B.  Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapatkan hukuman dari sekolah.
    C.  Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dapat menjadikan siswa lebih sehat.
    D.  Pembuatan kantin sehat di sekolah sebenarnya sangat merepotkan.

    LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
    Indikator: Peserta didik dapat menentukan makna kata.

    Pembahasan:
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat adalah Program kebijakan Kepala                                            Dinas Pendidikan DKI Jakarta dapat menjadikan siswa lebih sehat.
    ➠ Jawaban: C

7.  Cermati paragraf berikut!
              Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa                   
     buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna. 
     Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ....
    A.  perintah
    B.  pelajaran
    C.  petunjuk
    D.  peraturan

    LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
    Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.

    Pembahasan:
    Makna kata “instruksi” dalam paragraf tersebut adalah perintah.
    ➠ Jawaban: A

8.  Perhatikan teks berikut!
               Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam        
      kerang, daging yang melekat pada bagian dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci,dan 
      dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. 
      Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar sketsa pada cangkang kerang.
     Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
    A.  Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
    B.  Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
    C.  Pembeli bisa ikut menentukan pola model hiasan yang diinginkan. 
    D.  Untuk menggambar sketsa pada cangkang diperlukan pola sebagai cetakan.

    LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
    Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersirat teks.

    Pembahasan :
    Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah Untuk menggambar sketsa pada cangkang 
    diperlukan pola sebagai cetakan.
    ➠ Jawaban: D

9.  Cermati pidato berikut!
           Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi                             
     sekarang telah bisa membaca. Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi sekarang telah bisa menulis.         
     Dahulu kita tidak bisa menghitung, tetapi sekarang telah bisa menghitung. Tentu saja hal ini               
     berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh karena itu, kita sebagai siswa sudah                
      seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
      Isi teks pidato di atas adalah ....
      A.  mengingatkan kenangan masa lalu
      B.  mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
      C.  imbauan untuk berbakti kepada guru
      D.  imbauan untuk menaati segala perintah guru

      LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
      Indikator: Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks.

      Pembahasan :
      Isi teks pidato tersebut adalah imbauan untuk berbakti kepada guru.
      ➠ Jawaban: C

10.  Perhatikan teks berikut!
            Esok paginya, kami berangkat dengan menggunakan sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam,          
       kami sangat senang karena bisa tiba di Pantai Parangtritis dengan selamat. Kami  bersenang-               
       senang sambil menikmati indahnya Pantai Parangtritis hingga tak terasa bahwa matahari sudah           
       berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda lalu pulang dengan hati gembira.
      Paragraf tersebut termasuk jenis ....
      A.  deskripsi
      B.  narasi
      C.  persuasi
      D. eksposisi

       LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
       Indikator: Peserta didik dapat melengkapi jenis teks iklan.

       Pembahasan :
       Paragraf tersebut adalah paragraf cerita sehingga termasuk jenis narasi. Paragraf narasi ceritakan       
        kejadian berdasarkan urutan waktu.
         ➠ Jawaban: B

11.  Perhatikan iklan berikut!

       Kata yang tepat untuk melengkapi iklan 
       tersebut adalah ....
       A.  toko elektronik terdekat
       B.  toko baju terjauh
       C.  toko buku terdekat
       D.  toko alat listrik terjauh

       LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
       Indikator: Peserta didik dapat menentukan unsur teks berupa kalimat utama.

       Pembahasan :
       Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut adalah toko elektronik terdekat.
       ➠ Jawaban: A

12.  Perhatikan bacaan berikut!
             Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena      
  tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk.          
  Hal tersebut membuat kumbang ini dapat melihat dan mendeteksi lingkungan  tarnya.
       Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
       A.  Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
       B.  Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar.
       C.  Antena terhubung ke mata majemuk.
       D.  Hal tersebut membuat kumbang ini dapat melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.

       LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
       Indikator: Peserta didik dapat menentukan ide pokok teks

       Pembahasan :
       Kalimat utama paragraf tersebut adalah Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi        
       ciri khas jenis kumbang ini.
       ➠ Jawaban: A

13.  Perhatikan paragraf berikut!
                Hari ini, 22 September adalah hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk        
      melihat hasil dari upaya menyelamatkan hewan langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia             
      tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi badak sumatra           
      tak sebaik badak jawa.
        Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
       A.  Tanggal 22 September adalah hari Badak Sedunia.
       B.  Peringatan hari Badak Sedunia.
       C.  WWF menyatakan kondisi badak sumatra buruk.
       D.  Hari Badak untuk melihat hasil penyelamatan badak.

       LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
       Indikator: Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada karya sastra.

       Pembahasan :
      Gagasan utama adalah pikiran utama paragraf. Gagasan utama paragraf tersebut adalah peringatan       
      hari Badak Sedunia.
        ➠ Jawaban: B 

14.  Perhatikan pantun berikut!
       Buah anggur jangan dilempar
       Nanti berubah menjadi mangga
       Anak sekolah rajin belajar
       Jadi juara orang tua bangga
       Pesan pantun di atas adalah ....
      A.  Anak yang rajin belajar bisa sukses dan membanggakan orang tua.
      B.  Anak yang rajin belajar bisa menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.
      C.  Anak yang rajin belajar bisa menjadi juara dan membuat orang tua bangga.
      D.  Anak yang rajin belajar disayang guru dan membanggakan orang tua.

      Pembahasan : 
      Pesan pantun yang tepat adalah anak yang rajin belajar bisa menjadi juara dan membuat orang tua bangga.
      ➠ Jawaban: C

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab 
soal nomor 15−20!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. 
Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.
     Semut :  “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
     Katak  :  “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”
     Semut :  “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil                                    
     makanan yang sudah kami kumpulkan.”
     Katak  :  “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.”
     Semut :  “Terima kasih, Katak.”
     Ratusan Semut langsung naik di punggung 
     Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian. 
     Katak  :  “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.”(Katak lalu mengambil selembar                          
     daun teratai)
     Katak  :  “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke                                             seberang.”

      LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
      Indikator: Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada karya sastra.

15.  Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?
       A.  Menggunakan punggungnya.
       B.  Menggunakan daun teratai.
       C.  Menggunakan jembatan.
       D.  Menggendong sampai seberang.

       LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
       Indikator: Peserta didik dapat menentukan informasi tersurat pada karya sastra.

       Pembahasan :  
       Cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang adalah dengan menggunakan daun teratai.
       ➠ Jawaban: B

16.  Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?
       A.  Semut kesulitan mencari makanan.
       B.  Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
       C.  Penduduk Semut terlalu padat.
       D.  Di tanah seberang lebih menjanjikan.

       LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
    Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersirat dalam karya sastra (memaknai bagian teks).

       Pembahasan :
       Semut ingin ke tanah seberang karena diganggu oleh Rayap dan Belalang.
       ➠ Jawaban: B

17.  Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut adalah ....
      A.  cerdik
      B.  licik
      C.  bijaksana
      D.  pemaaf

      LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
      Indikator: Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa amanat.
   
     Pembahasan:
     Sifat Katak dalam teks drama tersebut adalah cerdikkarena bisa berpikir cara untuk membawa semut tanpa kegelian.
     ➠ Jawaban: A

18.  Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut adalah ....
       A.  membantu orang yang kesusahan
       B.  membantu teman yang meminta pertolongan
       C.  menghadapi segala cobaan
       D.  pindah ke tempat yang lebih baik

       LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
       Indikator: Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa latar.

       Pembahasan : 
       Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut adalahmembantu orang yang kesusahan.
      ➠ Jawaban: A

19.  Latar tempat pada teks tersebut adalah ....
      A.  lubang kecil
      B.  tepi telaga
      C.  tanah seberang
      D.  rumah

      LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
      Indikator: Peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik karya sastra berupa tokoh.

      Pembahasan : 
      Latar tempat adalah tempat terjadinya peristiwa. Latar tempat pada teks drama adalah di tepi telaga.
      ➠ Jawaban: B

20.  Tokoh utama dalam drama tersebut adalah ....
       A.  Semut
       B.  Katak
       C.  Rayap
       D.  Belalang

       LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
       Indikator: Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita

       Pembahasan : 
       Tokoh utama tersebut adalah Katak karena banyak menceritakan Katak.
       ➠ Jawaban: B


     Demikianlah 20 soal B.Indonesia SD/MI kelas 6 Lengkap besertas pembahasan dan kunci jawabannya dari kami, Semoga informasi ini  bermanfaat. 


0 Response to "20 Soal B.Indonesia Kelas 6 SD/MI lengkap dengan Pembahasan danunci jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel