25 Contoh Soal pilihan ganda dan 10 soal essay B. Indonesia kelas X semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban

25 Contoh Soal pilihan ganda dan 10 soal essay B. Indonesia kelas X semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban

25 Contoh Soal pilihan ganda dan 10 soal essay B. Indonesia kelas X semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban, soal-soal Essay B.Indonesia Kelas X semester ganjil K13 SMA/MA 

25 Soal dan 10 soal essay B.Indonesia Kelas X SMA/MA semester I lengkap dengan kunci jawaban

1. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek….
a. isinya
b. struktur teksnya
c. unsur kebahasannya
d. makna tersirat
e. makna tersurat
Jawaban: d

2. Buku biografi yaitu buku yang berisi….
a. tumpuan kajian keilmuan
b. riwayat hidup seseorang
c. mendampingi buku utama
d. kisah hidup seseorang
e. kajian psikologis
Jawaban: b

3. Salah satu teladan yang termasuk buku nonfiksi adalah….
a. buku pelajaran
b. komik
c. dongeng fabel
d. buku motivasi
e. buku nonteks
Jawaban: d

4. Teks anekdot yang baik ialah teks yang memiliki….
a. unsur kebahasaan
b. struktur teks
c. struktur da nisi teks
d. unsur lucu/jengkel/konyol
e. unsur memengaruhi
Jawaban: d

5. Suatu teks untuk mengusulkan pendapat langsung mengenai suatu hal yang didalamnya terdapat argumen-argumen untuk menegaskan atau memperkuat pendapat tersebut. Pernyataan di atas merupakan pengertian dari....
a. teks narasi
b. teks argumentasi
c. teks persuasi
d. teks eksposisi
e. teks deksripsi
Jawaban: d

6. Berikut ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ketika mengevaluasi teks ankedot, kecuali….
a. Apa yang dilakukan?
b. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?
c. Siapa yang kita sindir?
d. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?
e. Bagaimana kelengkapan struktur teks abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda?
Jawaban: a

7. Semua orang sanggup menyusun gosip baik media elektronik maupun media cetak. Salah satu pola teks eksposisi sanggup dilihat di....
a. telepon
b. koran
c. diskusi
d. seminar
e. sidang
Jawaban: b


8. Berikut ini termasuk struktur teks anekdot, kecuali….
a. abstraksi
b. orientasi
c. puncak pertikaian
d. koda
e. krisis
Jawaban: c

9. Buku motivasi sanggup disusun menurut kajian….
a. moral
b. sosial masyarakat
c. kehidupan bermasyarakat
d. politik keuangan
e. keagamaan moral
Jawaban: c

10. Berikut ini termasuk unsur-unsur gramatikal yang harus ada dalam kalimat efektif, kecuali….
a. subjek
b. predikat
c. objek
d. keterangan
e. pelengkap
Jawaban: c

11. Alasan berupa bukti yang sanggup mendukung tesis penulis. Berisi klarifikasi secara lebih mendalam wacana pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai klarifikasi argumen penulis. Hal ini merupakan pengertian dari....
a. narasi
b. eksposisi
c. mediasi
d. argumentasi
e. eksploitasi
Jawaban: d

12. Berikut ini termasuk mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot, kecuali….
a. mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap)
b. mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain
c. mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai
d. mempertanyakan apakah ada paragraph yang menyimpang
e. mempertanyakan apakah ada paragraph yang susah dimengerti
Jawaban: c

13. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot ialah untuk….
a. mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya
b. menghibur pembacanya
c. menghilangkan stress
d. refresing dari aneka macam aktivitas
e. mengetahui kehidupan insan sesungguhnya
Jawaban: b


14. Setiap buku bacaan, baik fiksi maupun nonfiksi, ditulis menurut beberapa….
a. tema
b. pokok ide
c. tema dan pokok ide
d. tema dan amanat
e. amanat dan sudut pandang
Jawaban: d


15. Novel merupakan kisah atau dongeng fiksi dalam bentuk tulisan/kata-kata dan memiliki….
a. struktur teks
b. unsur kebahasaan
c. evaluasi dari pembaca
d. unsur intrinsik dan ekstrinsik
e. aneka macam unsur karya sastra
Jawaban: d


16. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….
a. bersifat menghibur
b. mengungkapkan kebenaran yang lebih umum
c. bersifat mengejek seseorang
d. terilhami dari kejadian nyata
e. bersifat sindiram alami
Jawaban: c

17. Berikut ini termasuk jenis-jenis buku nonfiksi jikalau dilihat dari isinya, kecuali….
a. buku pelajaran
b. buku biografi
c. buku pendamping
d. buku literature
e. buku motivasi
Jawaban: a


18. Membandingkan antara dua kriteria dengan kenyataan baik dari segi struktur ini maupun bahasa (kosakata, ejaan, dan struktur kalimat). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….
a. mengidentifikasi
b. menelaah
c. menganalisis
d. mengabstraksi
e. mengevaluasi
Jawaban: c

19. Biasanya, buku-buku nonfiksi dibentuk oleh …. di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.
a. professional
b. tokoh terkemuka
c. tokoh idola
d. penulis
e. pengarang
Jawaban: a

20. Anekdot merupakan sebuah dongeng singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan….
a. kehidupan pribadi
b. kisah insan dan kehidupannya
c. insan dan realitanya
d. pengalaman seseorang
e. insan yang menjengkelkan
Jawaban: d

21. Dalam suatu teks eksposisi bab pembuka yagn memuat wacana pandangan awal penulis. Pandangan awal penulis tersebut bersifat opsional. Sifat dari opsional mengandung arti....
a. wajib ada dalam suatu teks eksposisi
b. setengah ada dalam suatu teks ekspoisi
c. boleh ada dan boleh juga tidak ada dalam suatu teks eksposisi
d. topik dalam teks boleh menyerupai rangkuman
e. judul dalam pembuka sanggup dimasukkan
Jawaban: c

22. Buku literature sering ditulis menurut penelitian sehingga buku ini sering ditulis oleh….
a. dosen atau peneliti
b. siswa
c. mahasiswa
d. pelajar
e. guru
Jawaban: a

23. Teks anekdot tidak hanya berisi ihwal peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….
a. ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum
b. suatu fakta
c. realita kehidupan
d. opini dari para tokoh
e. kehidupan tokoh penting
Jawaban: a


24. Karangan fiksi merupakan karangan yang berisi kisahan atau dongeng yang dibentuk berdasarkan….
a. kenyataan hidup
b. kemampuan pengarang dalam menciptakan cerita
c. imajinasi atau imajinasi seseorang
d. inspirasi pokok pengarang
e. aktualisasi pengarang terhadap cerita
Jawaban: c

25. Memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah. Pemaparan tersebut merupakan tujuan....
a. teks narasi
b. teks eksposisi
c. teks argumentasi
d. teks persuasi
e. teks deskripsi
Jawaban: b

10 S0al essay B.Indonesia Lengkap dengan kunci jawaban

1. Mengapa teks laporan hasil observasi harus disajikan dengan memakai bahasa yang jelas, gampang dipahami, dan tidak berbelit-belit?
Jawaban: Hal ini dilakukan biar pembaca sanggup dengan gampang memahami hasil laporan observasi yang disajikan dan menghindari kesalahpahaman.

2. Sebutkan banyak sekali kriteria yang harus dipenuhi biar sebuah laporan hasil observasi sanggup dikatakan ideal!
Jawaban:
Sebuah laporan hasil observasi sanggup dikatakan ideal, jikalau memenuhi kriteria berikut:
a. Memiliki struktur teks yang lengkap.
b. Memanfaatkan konjungsi atau kata penghubung yang tepat.
c. Pengelompokan kata dilakukan menurut kriteria tertentu.
d. Memfungsikan kelompok kata dan jenis kata yang sesuai keperluan.

3. Mengapa hikayat sanggup dikembangkan menjadi sebuah cerpen?
Jawaban: Sebenarnya hikayat sanggup dikembangkan menjadi sebuah cerpen, alasannya keduanya berbentuk prosa, perbedaan keduanya lebih cenderung pada unsur alur dan gaya bahasa yang digunakan. Gaya bahasa hikayat cenderung monoton dan klise yang sanggup diubah menjadi cerpen dengan gaya bahasa lebih menarik dan diadaptasi dengan kondisi ketika ini.


4. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menuliskan kembali inti sari buku nonfiksi!
Jawaban:
Langkah-langkah untuk menuliskan kembali inti sari sebuah buku nonfiksi, antara lain sebagai berikut.
a. Bacalah buku secara intensif dan cermat. Jika perlu ulangi hingga benar-benar paham.
b. Identifikasi/tentukan bagian-bagian yang penting, menyerupai gagasan utama dan ide-ide penting dari penulis.
c. Susunlah reproduksi goresan pena menjadi bentuk goresan pena gres yang lebih singkat.
d. Periksa dan edit untuk merapikan parafrasa yang telah dibuat.

5. Bagaimana kriteria teks anekdot yang baik?
Jawaban: Teks anekdot yang baik ialah teks yang mempunyai unsur lucu/jengkel/konyol, mempunyai pesan moral sebagai pencerahan, dan strukturnya jelas.

6. Jelaskan perbedaan antara buku biografi dan buku pendamping!
Jawaban:
a. Buku biografi
Buku biografi ialah buku yang berisi riwayat hidup seseorang. Buku itu ditulis untuk mendokumentasikan insiden penting yang dialami seseorang. Tentu buku biografi ditulis biar sanggup menginspirasi pembacanya. Oleh alasannya itu, buku biografi ditulis menurut kelebihan atau keunggulan tokohnya.
b. Buku pendamping
Buku pendamping ialah buku yang berfungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis sesudah ada buku utama.

7. Buku-buku nonfiksi ini mempunyai penggemar tersendiri yang membutuhkannya. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
Jawaban: Buku nonfiksi lebih terkenal dikalangan pembaca yang tidak terlalu mempunyai hobi membaca, alasannya mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan.

8. Sebutkan ciri-ciri dari teks eksposisi
Jawaban:
Ciri-ciri dari teks eksposisi, antara lain sebagai berikut.
a. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
b. Gaya isu yang mengajak.
c. Penyampaian secara lugas dan memakai bahasa yang baku.
d. Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca.
e. Fakta digunakan sebagai alat konstribusi dan alat konkretisasi.

9. Bagaimana cara mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot?
Jawaban: Evaluasi struktur isi dalam teks anekdot, antara lain mempertanyakan apakah secara keseluruhan sanggup dianggap sebagai karangan utuh (lengkap), apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain, apakah urutannya sudah betul, apakah ada paragraf yang menyimpang, apakah ada paragraf yang susah dimengerti, apakah ada paragraf yang kalimatnya tidak urut, apakah ada paragraf yang kalimatnya menyimpang dan harus dibuang, dan sebagainya.

10. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk membuatkan hikayat menjadi sebuah cerpen!
Jawaban:
Untuk sanggup membuatkan hikayat menjadi sebuah cerpen perlu dipahami langkah-langkahnya, antara lain sebagai berikut.
a. Meringkas atau menciptakan sinopsis sebuah penggalan hikayat.
b. Mendaftar konflik-konflik antartokoh dalam penggalan hikayat.
c. Memilih konflik yang menarik.
d. Mengembangkan pilihan konflik menjadi cerpen.

Demikianlah 25 Contoh Soal pilihan ganda dan 10 soal essay B. Indonesia kelas X SMA/MA semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban dari kami, semoga bermanfaat.


0 Response to "25 Contoh Soal pilihan ganda dan 10 soal essay B. Indonesia kelas X semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel