45 Contoh soal 10 soal pilihan ganda 35 soal essay B.Indonesia kelas X Semester II K 2013 lengkap dengan kunci jawaban

45 Contoh soal 10 soal pilihan ganda 35 soal essay B.Indonesia kelas X Semester II K 2013 lengkap dengan kunci jawaban

45 Contoh soal 10 soal pilihan ganda 35 soal essay B.Indonesia kelas X Semester II K 2013, soal-soal pilihan ganda B.Indonesia kelas X semester genap kurikulum 2013 SMA/MA lengkap dengan kunci jawaban

10 S0al pilihan ganda B.Indonesia kelas X SMA/MA

1. Negosiasi bertujuan praktis, artinya mencapai kesepakatan yang sanggup diterima oleh....
a. siapa saja
b. kedua belah pihak
c. masyarakat
d. khalayak
e. lingkungan sekitar
jawaban: b

2. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak  yang berkepentingan. Pernyataan tersebut merupakan salah satu.... dari teks negosiasi.
a. tujuan
b. manfaat
c. fungsi
d. ciri-ciri
e. karakteristik
jawabn: a

3. Kedua belah pihak yang bersangkutan didalm perundingan memeiliki ..... untuk memilih kesepakatan atau hasil akhir.
a. kewajiban
b. wewenang
c. tanggung jawab
d. hak yang sama
e. kekuatan bersama
jawaban: d

4. Suatu wujud interaksi sosial yang berfungsi untuk mendapatakan penyelesaian bersama di antara   pihak-pihak yang terlibat. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. eksplansi
b. negosiasi
c. deskriptif
d. argumentasi
e. narasi
jawaban: b

5. Salah satu yang harus ada dalam teks perundingan yaitu bagian....
a. pembuka
b. alamat
c. nama lengkap
d. identitas
e. lampiran
jawaban: a

6. Teks perundingan juga sanggup disebut sebagai teks yang didalamnya berisi proses untuk mencapai suatu perjanjian atau kesepakatan antara....
a. perorangan
b. kelompok
c. kedua belah pihak
d. dua orang yang sedang bertikai
e. pembelian dan penjualan
jawaban: c

7. Pada kepingan pembuka teks perundingan biasanya berisi pengenalan diri serta salam dan sapa yang bertujuan sebagai....
a. pembukaan
b. mengenalkan diri
c. pengiring topik
d. komplemen teks
e. pemanis tek negosiasi
jawaban: c

8. Salah satu tujuan dari pembuatan teks perundingan adalah....
a. mengurangi atau menghilangkan perbedaan dan kontradiksi antar pihak.
b. menghindari pertikaian antar perorangan.
c. melawan pihak yang kalah.
d. menentang pihak yang ingin menang sendiri.
e. menegakkan keadilan.
Jawaban: a

9. Hasil final atau penyelesaian perundingan memerlukan adanya.... yang niscaya antar kedua belah pihak.
a. kesepakatan
b. perjanjian
c. pertikaian
d. pertentangan
e. persetujuan
jawaban: e

10. Berikut ini termasuk ciri-ciri dari teks perundingan kalau dilihat menurut isinya, kecuali....
a. perundingan menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling sepakat atau kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat.
b. tiap-tiap pihak yang bernegosiasi memperjuangkan kepentingan masing-masing.
c. perundingan merupakan sarana untuk mencapai penyelesaian.
d. perundingan bertujuan praktis.
e. perundingan sanggup mengakibatkan perpecahan antara kedua belah pihak.
Jawaban: e

35 Soal Essay!

1. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam menganalisis isi debat!
Jawaban:
a. Menuliskan 5W + 1H yang dibicarakan
b. Menentukan topik pembicaraan dalam debat
c. Menentukan tema debat
d. Menyimpulkan isi debat dengan alasan logis

2. Jelaskan banyak sekali metode yang sanggup dipakai dalam acara debat!
Jawaban: ada beberapa metode yang sanggup diterapkan dalam debat, yaitu sebagai berikut.
a. Metode logika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam memakai ilmu logika.
b. Metode dialektika sanggup dipakai kalau diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam bertanya. Kegiatan debat dilakukan dengan memilih penanya dan penjawab bergantaian.

3. Jelaskan perihal peraturan dalam debat parlemen!
Jawaban: debat parlementer bukanlah debat kusir atau tabrak argumen tanpa peraturan, sepeti yagn umum dikenal di Indonesia. Dalam sistem debat parlemen, setiap tim akan dterdiri atas beberapa pembicara (dua pada British, dan tiga pada Asian dan Australasian). Masing-masing tim akan berada di sisi yang berlawanan (Affirmative/Government dan Negative/Opposition) dengan stance-nya masin-masing terhadeap suatu topik yang dikenal dengan sebutan motion (yang berarti pergerakan, sebab pada sistem debat parlementer, topik yang dibahas selalu berupa suatu perubahan yang akan diterapkan di dunia global, terutama negara-negara demokratis).

4. Sebutkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk memberikan gagasan dalam debat!
Jawaban:
a. Sampaikanlah gagasan dengan terang dan dengan argumen yang masuk akal!
b. Gunakan bahasa yang baik dan benar
c. Sesuaikan gagasan dengan topik yang diperdebatkan
d. Gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas

5. Bagaimana cara berdebat dengan benar? Jelaskan memakai bahasamu sendiri!
Jawaban: cara debat yang baik atau benar harus dilandasi dengan hukum yang berlaku. Misalnya, tidak ada penghinaan. Menyampaikan kritik dengan pedas yakni sah, tetapi kalau hingga menghina pihak lawan (personally), itu tentu tidak dibenarkan. Untuk itu, dalam acara debat sangat diharapkan seorang moderator yang sanggup bertindak atau menengahi program debat tersebut, sehingga sanggup mencegah hal-hal jelek atau negatif yang terjadi dalam debat.

6. Jelaskan perbedaan antar debat antartim dan debat Lincoln-Douglas!
Jawaban:
a. Debat antartim merupakan salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim mempunyai dua segmen untuk menyajikan argumen bagi pihak mereka. Di babak kedua perdebatan, setiap tim mempunyai dua segmen untuk membantah argumen dari pihak lawannya dari babak pertama tadi.
b. Perdebatan Lincoln-Douglas merupakan jenis perdebatan yang dibuat untuk memungkinkan satu pihak menyajikan argumen mereka. Kemudian, tim lain menyelidiki silang argumen tersebut. Tim kedua menyajikan argumen mereka dan tim pertama yang akan menyelidiki silang argumen tersebut. Akhirnya, setiap tim diberi kesempatan untuk saling menawarkan sanggahan terakhir.

7. Sebutkan banyak sekali alasan yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk melaksanakan debat!
Jawaban: ada banyak sekali alasan yang mendorong orang untuk berdebat, antara lain sebagai berikut.
a. Meyakinkan orang lain bahwa opini ia lebih baik
b. Mendengarkan opini orang lain terhadap suatu isu.
c. Menemukan solusi yang terbaik untuk suatu masalah

8. Sebutkan banyak sekali hal yang sanggup dilakukan untuk menciptakan kesimpulan pada tamat program debat!
Jawaban:
a. Kumpulkan semua hasil debat
b. Simpulkan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
c. Kesimpulan harus mewakili seluruh rangkaian debat.
d. Gunakan bahasa yang baik dan benar
e. Buatlah kalimat-kalimat yang bersifat persuasif

9. Apa yang dimaksud dengan debat? Jelaskan memakai bahasamu sendiri!
Jawaban: debat merupakan acara tabrak argumentasi dalam mendiskusikan dan memutuskan problem atau perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok.

10. Sebutkan cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik dalam suatu debat!
Jawaban:
a. Kuasailah topik yang akan diperdebatkan
b. Carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran
c. Kupaslah topik tersebut secara mendalam
d. Tangkaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang dibicarakan.

11. Tujuan menyampaiakn pendapat atau tanggapan dalam sebuah diskusi adalah....
Jawaban: membantu memecahkan masalah
12. Semua pendapat dalam aktivitas diskusi harus disertai...
Jawaban: fakta dan alasan

13. Pertemuan para pakar/ahli yang berusaha mendapat kata setuju mengenai suatu problem disebut....
Jawaban: seminar

14. Keputusan hasil diskusi hendaknya diambil secara....
Jawaban: mufakat

15. Petugas diskusi yang bertugas menciptakan rangkuman hasil diskusi adalah...
Jawaban: notulis

16. Mengapa dalam memperlihatkan tanggapan harus disertai alasan yang logis?
Jawaban: Alasan memperlihatkan tanggapan harus disertai alasan yang logis yaitu semoga tanggapan sanggup dipahami dan diterima, sehingga membantu dalam memecahkan masalah

17. Rangkuman hasil diskusi dijadikan dasar untuk menyusun.....diskusi
Jawaban: laporan

18. Sebut dan jelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam suatu diskusi!
Jawaban:
- Moderator, yaitu orang yang mengatur dan memandu jalannya diskusi
- Pemakalah atau penyaji, yaitu orang yang bertugas menyusun makalah dan menyajikannya dalam diskusi.
- Makalah, yaitu karya ilmiah yang berisi yang berisi pembahasan suatu masalah
- Notulis, yaitu orang yan gmencatat inti pembicaraan dalam diskusi. Pembicaraan di sini mencakup inti makalah, tanggapan peserta, tanggapan penyaji, dan hasil diskusi.
- Peserta/audience, yaitu orang yang ikut aktif dalam diskusi atau hanya mendengar.

19. Petugas yang menutup aktivitas diskusi adalah....
Jawaban: moderator


20. Hal-hal apa saja yang perlu dicantumkan dalam rangkuman hasil diskusi?
Jawaban: hal-hal yang perlu dicantumkan dalam rangkuman hasil diskusi adalah:
- Gagasan-gagasan pokok yang terdapat dalam makalah
- Tanggapan-tanggapan dari para peserta
- Tanggapan-tanggapan pembicara
- Kesimpulan yang dihasilkan

21. Petugas yang menyiapkan makalah sebagai materi untuk diskusi adalah...
Jawaban: pemakalah

22. Peserta yang tanggapannya tidak diterima hendaknya..
Jawaban: berlapang dada

23. Buatlah sebuah kalimat tanggapan dalam diskusi yang membicarakan problem kurangnya penyediaan buku fiksi di perpustakaan!
Jawaban: ( kebijaksanan guru) atau lihat sumber dari artikel paragraf pertama di atas.

24. Sebutkan syarat-syarat moderator yang baik!
Jawaban:
- Berpengalaman dan berwawasan luas
- Mampu memimpin jalannya diskusi
- Mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat
- Adil dan bijaksana dalam bersikap

25. Diskusi merupakan suatu aktivitas yang bersifat...
Jawaban: kelompok

26 . Sebutkan kaidah teks negoisasi yang baik!
Jawaban:
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu kata.
b. Mulai dengan argumen yang paling berpengaruh dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Jelaskan pandanganmu, buat kesimpulan dari pandangan tersebut, lalu kau sanggup menyampaikan kalau kau tidak oke dengan kawan negosiasi.
e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak kawan perundingan untuk menawarkan bahwa kau telah mengerti.
f. Minta alasan dari pihak kawan perundingan (mengapa ya/mengapa tidak).
g. Jangan menyela argumentasi dari pihak kawan negosiasi, dengarkan, dan cari titik lemahnya.

27. Jelaskan wacana inti dari teks negoisasi!
Jawaban: inti dari teks perundingan ialah sebuah komunikasi yang dipakai dikala ada perbedaan kebutuhan/kepentingan yang mengakibatkan sebuah pertentangan. Pertentangan tersebut akan dilerai dan dipecahkan dengan sebuah perundingan (negoisasi), di mana kedua belah pihak sanggup merasa diuntungkan.

28. Apa yang dimaksud dengan teks negoisasi?
Jawaban:
Teks negoisasi ialah sebuah teks yang di dalamnya berisi interaksi sosial antara satu pihak dengan pihak lain yang disebabkan oleh adanya suatu kepentingan yang berbeda atau saling bertentangan dan hal ini mengharuskan adanya sebuah penyelesaian (keputusan) biar sanggup tercapai suatu kesepakatan antara kedua belah pihak.

29. Jelaskan wacana potongan orientasi dari teks negoisasi kompleks!
Jawaban: orientasi merupakan struktur yang pertama kali muncul, dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi. Penggunaan kata dalam potongan ini mengarah pada ucapan basa-basi menyerupai sapaan, salam dan sebagainya.

30. Apa yang dimaksud dengan mengevaluasi teks negoisasi!
Jawaban: mengevaluasi teks negoisasi artinya acara melaksanakan perbaikan terhadap teks negoisasi yang telah ada. Dengan melaksanakan penilaian diharapkan teks negoisasi menjadi lebih baik. Untuk sanggup mengevaluasi sebuah teks tentunya diharapkan ketelitian yang tinggi.

31. Jelaskan wacana bagian-bagian dari struktur teks negoisasi!
Jawaban:
a. Pembukaan
Biasanya pembukaan ini berisi pengenalan diri, salam dan sapa yang bertujuan sebagai pengiring topik
b. Isi
Bagian isi teks negoisasi berisi mengenai inti pembahasan. Bagian isi dalam teks negoisasi ini terbagi menjadi dua yaitu penyampaian materi serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Sedangkan yang disebut dengan tawar-menawar dan penyelesaian duduk masalah ialah potongan yang berisi negoisasi atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda sampai tercapai kesepakatan atau perjanjian.
c. Penutup
Bagian epilog ini merupakan potongan terakhir dalam teks perundingan dan biasanya berisi wacana basa-basi yang mempunyai arti, menyerupai ucapan terima kasih dan sebagainya.

32. Bagian isi dalam teks negoisasi terdiri atas penyampaian materi, serta tawar-menawar dan penyelesaian masalah. Jelaskan wacana pernyataan tersebut!
Jawaban: penyampaian materi isinya terkait pernyataan dan pemberitahuan mengenai masalah. Adapun tawar-menawar dan penyelesaian duduk masalah ialah potongan yang berisi perundingan atau proses penyelesaian tujuan yang berbeda sampai tercapai kesepakatan atau perjanjian.

33. Sebutkan aneka macam tujuan yang dicapai dari teks negosisasi!
Jawaban:
a. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan
b. Untuk mempersatukan perbedaan pendapat yang ada antara pihak-pihak yang berkepentingan
c. Untuk menghindari kerugian menyerupai memberatkan salah satu dari pihak-pihak yang berkepentingan.

34. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengonstruksi teks negoisasi!
Jawaban:
a. Menentukan tujuan
b. memilih pihak-pihak yang berkaitan
c. memilih konflik
d. memilih solusi dalam penawaran
e. memilih model kesepakatan

35. Sebutkan ciri-ciri dari teks negoisasi kalau dilihat menurut isinya!
Jawaban:
a. Negoisasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling setuju ataupun kedua belah pihak setuju untuk tidak sepakat.
b. Tiap-tipa pihak yang bernegoisasi memperjuangkan kepentingannya masing-masing.
c. Negoisasi merupakan sarana untuk menapai penyelesaian
d. Negoisasi bertujuan praktis, yaitu mencapai kesepakatan yang sanggup diterima oleh kedua belah pihak.

Demikianlah 45 Contoh soal 10 soal pilihan ganda 35 soal essay B.Indonesia kelas X Semester II Kurikulum 2013 SMA/MA lengkap dengan kunci jawaban dari kami, semoga bermanfaat.







0 Response to "45 Contoh soal 10 soal pilihan ganda 35 soal essay B.Indonesia kelas X Semester II K 2013 lengkap dengan kunci jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel